Desain Rumah Ramah Lingkungan


Desain rumah yang ramah lingkungan semakin populer dimasyarakat seiring berkembangnya isu pemanasan global. Desain rumah bertema hijau yang menekankan peningkatan efisiensi dalam penggunaan air, energi, dan material bangunan menjadi salah satu desain rumah yang paling banyak di pilih.

Desain rumah bertema hijau biasanya diaplikasikan dengan penggunaan material yang ramah lingkungan. Penggunaan material yang tepat sangat berperan dalam mendukung kualitas dari desain rumah yang dihasilkan, sebaiknya pemilihan material juga disesuai dengan anggaran biaya yang tersedia, lakukanlah survei terlebih dahulu untuk mencari alternatif material sebelum membangun desain rumah yang diinginkan.

Penggunaan material kayu dalam desain rumah ramah lingkungan sudah mulai digantikan dengan aluminium dan baja ringan sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan terhadap penebangan kayu hutan yang tak terkendali. Bahan dinding dalam desain rumah ramah lingkungan sebaiknya juga dipilih bahan yang mampu menyerap panas matahari dengan baik, sehingga nantinya penggunaan pendingin ruangan bisa diminimalisir dan tujuan efisiensi dalam desain rumah ramah lingkungan dapat tercapai.

Perkembangan desain rumah ramah lingkungan dewasa ini juga telah merambah ke dunia sanitasi. Septic tank dengan penyaring biologis dirancang dengan teknologi khusus agar tidak mencemari lingkungan, beberapa arsitek juga sudah mulai mengembangkan desain rumah dengan sistem pengolahan air limbah bersih dengan mendaur ulang air buangan sehari-hari sehingga dapat digunakan kembali untuk mencuci kendaraan, membilas kloset, dan menyirami taman yang menjadi bagian penting dari desain rumah itu sendiri.

Untuk menghemat listrik desain rumah ramah lingkungan sebaiknya juga dilengkapi dengan panel sel surya yang diletakkan di atas atap dan berada tepat pada jalur sinar matahari dari timur ke barat dengan posisi miring, selain hemat desain rumah seperti ini juga bebas polusi dan merupakan pilihan tepat bagi anda yang mengidamkan desain rumah yang sehat dan berorientasi lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar