Tipe Rumah


Tipe rumah ada banyak macamnya dari rumah sederhana sampai rumah mewah, penamaannyapun beraneka ragam tergantung dari kelas dan luas bangunan. Ketika mencari rumah adakalanya orang awam merasa bingung dengan nama-nama tipe rumah yang ada di pasaran karena menggunakan istilah yang asing, untuk itu perlu kiranya menggali informasi lebih mendalam untuk mengetahui tipe rumah yang dimaksud sebelum mencarinya.

Umumnya tipe rumah di Indonesia dibedakan menjadi 2 jenis/tingkatan, yaitu; tipe BTN dan tipe realestate. Tipe BTN sebagian besar adalah tipe rumah sederhana dan dibangun dalam jumlah yang banyak, sedangkan tipe realestate adalah tipe rumah mewah yang dibangun di tengah-tengah kota dan biasanya tipe rumah seperti ini unitnya terbatas.

Tipe rumah BTN dinamai dengan angka untuk menunjukkan ukuran luas bangunan diikuti luas tanahnya, misalnya tipe rumah 21 (luas bangunan 21m2) luas tanah 72m2, tipe rumah 36 (luas bangunan 36m2) luas tanah 100m2, tipe rumah 45 (luas bangunan 45m2) luas tanah 120m2. Masing-masing tipe rumah kadang-kadang ada kelebihan luas tanah.

Tipe rumah realestate kualitas rumahnya berbeda dengan tipe rumah BTN dan penamaannyapun berbeda, misalnya tipe Hangkelir, diikuti luasnya misal 100m2, tipe jamrud, dan lain lain. Tipe rumah realestate diperuntukkan bagi masyarakat kelas atas sehingga tipe rumah ini dibuat sangat esklusif.

Ada satu lagi tipe rumah yang cukup disenagi pasar yaitu tipe hoek dimana kondisi rumah berada disudut suatu area lahan perumahan jadi memiliki dua sisi rumah yang berhadapan dengan jalan. Tipe rumah ini hanya ada beberapa unit dalam satu area perumahan tergantung dari banyaknya sudut yang dimanfaatkan untuk membangun tipe rumah ini.

Apapun tipe rumah yang anda cari sesuaikanlah dengan anggaran dan gaya hidup anda dan keluarga, karena tipe rumah dan lingkungannya juga menentukan gaya hidup penghuninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar